Medco E&P Perkenalkan Industri Hulu Migas pada Mahasiswa

PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sriwijaya (Unsri) menyelenggarakan Talkshow Milenial tentang Industri Hulu Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (26/9), di Ballroom Hotel Aston Palembang.

Ratusan mahasiswa menjadi peserta pada acara yang dibuka oleh Gubernur Sumsel Herman Deru tersebut. Adapun para narasumber yang hadir yaitu Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Sumatera Bagian Selatan Adiyanto Agus Handoyo dan Kepala Dinas ESDM Sumatera Selatan H. Robert Heri.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel Herman Deru mengharapkan, kegiatan tersebut menjadikan Medco E&P dan mahasiswa, yang merupakan representasi masyarakat, semakin akrab, sehingga tercipta transparansi di antara keduanya.

Pada kesempatan itu, para narasumber membahas seputar industri hulu migas sesuai tema acara, yaitu: ‘Peran Industri Hulu Migas terhadap Pembangunan Daerah di Sumsel’.

Lebih lanjut, Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Sumatera Bagian Selatan Adiyanto Agus Handoyo menjelaskan, bahwa industri migas tanah air, terbagi ke dalam sektor hulu dan sektor hilir.

Hulu diartikan sebagai proses pengolahan sumber daya alam berupa migas, dari eksplorasi, eksploitasi, produksi, sampai menjadi produk olahan. Sedangkan Hilir digambarkan sebagai produk olahan yang tersedia di SPBU.

Para leserta yang hadir di acara ini, didominasi oleh mahasiswa Unsri. Mereka berharap, kegiatan serupa terus dilakukan agar kampus mendapat informasi terkini soal pengelolaan energi.

General Manager of Indonesia West Area PT Medco E&P Indonesia Herman Fauzi mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi perusahaan kepada pihak akademisi. Ia menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini, adalah untuk memberikan informasi tentang industri hulu migas.

“Kami sering melakukan sosialisasi ke semua lapisan, hingga masyarakat paling bawah di industri hulu migas. Kali ini sosialisasi dilakukan pada mahasiswa dan bekerja sama dengan RRI untuk menyebarluaskannya ke seluruh Sumatera Selatan,” jelasnya.



Leave a Reply