Corona !!, Kebijakan Pemerintah Harus Efektif

PALEMBANG, SONORA – Dalam wawancara di Radio Sonora Palembang, Senin 16 Maret 2020 Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Sriwijaya DR. Andries Lionardo, S.IP, M.Si mengatakan bahwa terkait pandemi virus corona, pemerintah harus segera membuat langkah langkah strategis untuk mengantisipasi serta mencegah terjadinya korban korban virus corona.
“Prihatin dengan pandemi corona, sudah sangat meluas, mudah mudahan kita bisa melewati masa masa sulit ini,” ucapnya.
Andri menambahkan hal ini adalah tugas kita semua tidak hanya pemerintah untuk lebih aktif dan proaktif memberikan edukasi, sosialisasi kepada masyarakat tentang cara mencegah maupun bahayanya virus corona ini.
“Sosialisasi pemerintah masih berupa komunikasi media, sudah seharusnya juga pemerintah langsung turun ke lapangan bahkan door to door, dari rumah ke rumah ke masyarakat. Ini persoalan serius masyarakat harus paham dan teredukasi bagaimana teknis pencegahan dan menghadapinya,” ucapnya
Andri juga mengatakan pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi dalam menangani penyebaran virus corona agar lebih efektif.
“Di Jakarta sudah terlihat, kalau di Sumsel belum secara resmi tapi sudah ada surat edaran lembaga tertentu untuk melakukan langkah strategi untuk mencegah wabah corona,” ucapnya.
Andri juga mengapresiasi langkah pemerintah agar semua rumah sakit siaga satu untuk mempersiapkan diri menghadapi virus corona.
“sudah baik, hanya saja perlu ada tenaga medis khusus untuk turun ke lapangan ke masyarakat untuk mencegah dan menangani wabah ini,” ucapnya.
Andri menjelaskan akibat wabah ini memiliki dampak yang luas mulai dari dampak social, ekonomi dan perdagangan.
“Kita jangan terkena wabah ini secara total, jangan sampai meluas, resiko dari sisi aktifitas, pelayanan public,serta ekonomi juga memiliki resiko. Yakin tidak !,” ucapnya
Andri berharap pemerintah harus membuat kebijakan public yang efektif, sementara masyarkat tetap terus waspada dan menjaga kebersihan.

Penulis : Jati Sasongko

Sumber Foto : Andries Lionardo



Leave a Reply