Pengamat : “ Agar Orang Taat Pajak, Syaratnya Harus Dipermudah “

PALEMBANG SONORA –  Ada beberapa alasan yang menyebabkan masyarakat enggan membayar pajak. Pengamat ekonomi dari STIE MDP Idham Cholid SE, ME kepada Sonora (28/7/2020) mengatakan bahwa factor utama penyebab masyarakat enggan membayar pajak adalah karena masyarakat tidak mengetahui pajak yang dibayarkan, uangnya  digunakan untuk apa.

“ masyarakat kadang susah membayar pajak daripada membayar retribusi,  pajak dan retribusi berbeda, kalau retribusi bisa langsung dinikmati benefit atau manfaatnya, missal kalau kita membayar retribusi kebersihan, usai membayar, maka sampah kita akan langsung  diambil dan dibersihkan, kalau membayar pajak, tidak bisa mendapat manfaat langsung,  tiap tahun kita bayar pajak dengan pemerintah, tapi tidak tahu uangnya sama pemerintah dimanfaatkan buat apa saja,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa fungsi pajak adalah sebagai penyeimbang antara masyarakat yang memiliki penghasilan, hasilnya akan disalurkan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan jalan, rumah sakit, sekolah dan lain – lain.

“ masyarakat kesulitan dari sisi kesediaan masyarakat, mereka bayar pajak benefitnya buat apa?”, imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa berbicara pajak terdapat beberapa prinsip, antara lain harus adil; tidak ada yang diistimewakan, kecuali pajak progresif, kemudian pajak harus ada kepastian; seperti pemutihan pajak, masyarakat silahkan membayar pajak, namun denda  dihapuskan, dan yang ketiga adalah kemudahan saat membayar pajak; kita saat membayar pajak, ada waktu yang harus dikorbankan, cukup lama, masyarakat kadang lupa harus membayar pajak, karena rentang waktu yang cukup lama, satu tahun.

“ perlu dipikirkan reminder wajib pajak, kemudian juga diberikan kemudahan, missal pakai online, balik nama juga menjadi masalah, proses balik nama juga harus disederhanakan, agar kemudahan kemudahan membayar pajak dan hal – hal lain menjadi lebih mudah,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa masyarakat harus menyadari bahwa membayar pajak adalah kewajiban, jalan bagus, ada sekolah, ada pasar, ada rumah sakit, semua dibangun melalui pajak.

“ membayar pajak termasuk cara ikut mensukseskan pembangunan,” pukasnya.

 

Penulis : jati sasongko

Sumber foto : google



Leave a Reply