Ditlantas Polda Sumsel Gandeng RS Siloam Sriwijaya Palembang Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) Pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas

PALEMBANG, SONORA – Ditlantas  Polda Sumatera Selatan bekerjasama dengan Rumah Sakit Siloam Sriwijaya menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat  ( PPGD )  pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas . Kegiatan ini berlangsung  selama  2 hari,   pada  tanggal 16 -17 Maret 2021,  diikuti  sekitar 45 anggota Ditlantas Polda Sumsel yang diadakan   di Grand Atyasa Palembang.

Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Sumsel  AKBP H. Siswo Hariyadi  SH. MH .MM  , saat dijumpai awak media  mengatakan,  “ Kegiatan ini merupakan langkah atau terobosan dari  Ditlantas untuk memberikan pelatihan kepada anggota di lapangan dalam konteks penanganan terhadap  korban kecelakaan lalu lintas”.

Siswo menambahkan, ” Secara proporsional  anggota kami  akan dilatih oleh petugas medis dari RS Siloam bagaimana cara menolong korban lakalantas  untuk meminimalisir kesalahan dalam penanganan korban kecelakaan yang dilakukan oleh anggota yang bertugas di lapangan,”  ujarnya .

Sementara itu Team Trainer PPGD RS Siloam, dr. Ashadi Oktavian mengatakan, “ Kegiatan ini merupakan kali ke -3 RS Siloam Sriwijaya  bekerjasama dengan Ditlantas Polda Sumsel untuk memberikan edukasi kepada jajaran Ditlantas Polda Sumsel terkait langkah-langkah evakuasi korban kecelakaan lalu lintas”.

Ia menambahkan , “ Pelatihan seperti ini memang perlu dilakukan supaya jajaran  Ditlantas yang bertugas di lapangan bisa melakukan evakuasi dengan benar terhadap korban lakalantas .  Selain itu dengan adanya  pelatihan ini diharapkan jajaran Ditlantas Polda Sumsel dapat mengedukasi masyarakat  sekitar bagaimana cara mengevakuasi yang benar, karena banyak masyarakat  yang  awam  mengevakuasi  korban  dengan  cara yang tidak benar yang  menimbulkan cidera ,” pungkasnya

 

Penulis  :  Esy Armisi

Foto       :  Esy Armisi



Leave a Reply