Selain 3 M, Sekarang Ada 5 M, Apa Saja ?

Palembang Sonora – Dr. H. Masdianto Musai, Sp.PD, KAI, FINASIM dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Palembang dalam acara Bincang Dokter (12/04/2021) mengatakan bahwa meskipun sesorang sudah mendapatkan vaksin covid -19 sebanyak dua kali, namun tetap harus mematuhi protocol kesehatan. Menurutnya tidak hanya 3 M ( mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker) saja tapi ditambah 2 M lagi yaitu menghindari kerumunan dan mengurangi berpergian atau berpergian seperlunya saja.

“ tetap saja waspada. Larangan mudik adalah untuk efektifitas, kalau pun ada tugas, silahkan pergi, tapi tetap menerapkan prokes, jangan lengah,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa banyak kejadian setelah vaksin pertama banyak yang positif karena lalai menerapkan prokes.

“ vaksin pertama belum efektif membentuk antibody. Tetap harus 5 M,” tukasnya.

Ia mengatakan bahwa kedepan vaksin covid -19 akan masukkan kedalam salah satu vaksin bagi orang dewasa seperti vaksin influensa.

“ kita ada satgas imunisasi dewasa, mengingatkan orang orang yang usia lanjut dan beresiko tinggi. Vaksin covid akan sama seperti anak – anak ada jadwalnya masing – masing. Kemungkinan satu tahun sekali,” ucapnya.

Ia mengingatkan masyarakat yang akan vaksin sebaiknya jangan begadang sebab dapat meningkatkan tensi. Bila kurang sehat seperti terkena flu atau batuk pilek, sebaiknya ditunda dulu vaksinnya.

“  asal sehat silahkan vaksin. Jangan takut dengan jarum suntik, tapi takutlah dengan penyakitnya. Vaksin lansia akan lebih ketat pemeriksaanya terutama berkaitan dengan penyakit yang diderita,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa penyakit bisa timbul dari beberapa factor antara lain dari lingkungan dan daya tahan tubuh. Protocol kesehatan tetap jarus diterapkan disertai dengan menjaga pola hidup sehat, istirahat cukup, makan seimbang, mengkonsumsi vitamin c dan d serta mineral zinc.

“ konsumsi setiap hari yang mengandung ketiga hal tadi, untuk meningkatakan imun tubuh terutama bila kondisi sedang capek,” tukasnya.

 

Penulis : jati / esy

Sumber foto : koleksi pribadi



Leave a Reply