Migrasi ke Listrik Prabayara “ GRATIS “

Palembang Sonora – Program listrik prabayar sudah direncanakan di tahun 2008 dan diujicobakan didaerah tertentu dan berhasil. Di tahun 2012, mulai disosialisasikan ke masyarakat.

“ yang mendasar adalah bagaimana pelanggan PLN bisa menikmati listrik seperti membeli paket data handphone sesuai kemampuan dan menikmati,” ujar Mustofa, Manager PLN ULP Kenten dalam acara Live Talkshow (22/06/2021).

Ia menambahkan semakin kesini pelanggan PLN  adalah generasi milenial. Kebiasaan membeli sesuai dengan kebutuhan, bila tidak butuh tidak membeli.

“ itu dipahami PLN, sehinga PLN meluncurkan listrik prabayar sehingga sangat flexible, ada privasi karena tidak selalu dikunjungi petugas PLN, meskipun tiap 3 sampai 4 bulan diperiksa petugas,” tukasnya.

Semakin banyak warga yang membangun usaha seperti kos-kosan, bedeng  yang lebih mudah dikontrol terkait penggunaan listriknya. “ inilah salah satu jawaban yang ditawarkan PLN ke pelanggan,” ujarnya.

Listrik prabayar juga lebih irit sebab bila diluar kota  dan tidak ada pemakaian listrik maka tidak ada tagihan seperti menggunakan pulsa handphone. “ ketika ada program ini, orang PLN langsung duluan karena lebih nyaman dan irit,” ujarnya.

Proses migrasi ke listrik prabayar gratis, tidak dipungut biaya. “ ini merupakan langkah PLN untuk mengisyaratkan agar mereka tidak antipati dan menikmati pengalaman listrik prabayar dengan mudah,” tukasnya.

Ihsanul Amri, Manager PLN ULP Mariana menambahkan di era milenial dimana flexibelitas menjadi pilihan utama, listrik prabayar menjadi pilihan utama                                                                 pelanggan PLN seperti pada pengisian  pulsa handphone dilakukan seperlunya saja.

“ keuntungannya bebas biaya abodemen atau biaya perbulan. Rumah tidak dihuni, tidak perlu diisi token. Beda dengan pascabayar ada biaya abodemen agar listrik tetap nyala dan menghindari tunggakan,” ujarnya.

Untuk migrasi dari pelanggan pascabayar ke prabayar, caranya mudah, dengan mengajukan permohonan melalui PLN Mobile atau kontak center  123 atau melalui web PLN.

“ gratis  cukup membayar pulsa awal mulai dari 5000 rupiah. Begitu pelanggan bayar token,ada tim kita mempersiapkan material dan mengeksekusi,” tukasnya.

Penulis : jati / endah

Sumber foto : koleksi pribadi

 



Leave a Reply