Ekspor Kopi Diharapkan Mampu Bangkitkan Ekonomi Sumsel

PALEMBANG SONORA –  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya pada hari ini, Senin (27/09) menggelar acara Sriwijaya Coffee and Culinary Fest 2021.

Melalui kegiatan ini, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru berharap perekonomian di Sumsel dapat bertumbuh salah satunya melalui sektor pariwisata dan petani kopi yang ada di Wilayah Sumsel.

“Semoga acara ini dapat menumbuhkan ekonomi di sektor pariwisata, termasuk UMKM di sektor pegiat kopi untuk lebih bisa bersaing di dunia UMKM dalam mengenalkan kopi khas Sumsel ke seluruh daerah di Indonesia,” ucap Deru usai meninjau pegiat UMKM kopi di Taman Purbakala Taman Sriwijaya.

Deru menambahkan, Potensi kopi di Sumsel sangatlah besar dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Karenanya kopi merupakan salah satu andalan Sumsel untuk mengekspor ke luar negeri. Dan di Indonesia sendiri kopi dari Sumsel merupakan penghasil terbesar yaitu mencapai 22 persen pengiriman kopi di luar negeri.

“Kita semua harus bangga karena Sumsel merupakan pengekspor kopi terbesar di Indonesia,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Aufa Syahrizal SP MSc menambahkan, kegiatan ini merupakan untuk memperingati hari pariwisata dunia ke 27. Sekaligus memperkenalkan salah satu tempat wisata yang ada di Sumsel, yaitu Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang ada di Kecamatan Gandus Palembang.

“Kegiatan ini sudah berjalan Sabtu (25/09) lalu, sekaligus kami memperkenalkan salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ada di sumsel,” tutupnya.

Penulis : Fernando Oktareza

Sumber Foto : Koleksi Pribadi



Leave a Reply