Menyongsong Pelantikan Uskup Agung Palembang Mgr. Yohanes Harun Yuwono

Palembang Sonora – Serangkaian kegiatan telah ditetapkan dalam rangka pelantikan Uskup Agung Palembang Mgr. Yohanes Harun Yuwono dari Uskup Agung Tanjungkarang menjadi Uskup Agung Palembang. RD. Guido Suprapto, Pr, Sekretaris Keuskupan Agung Palembang kepada Sonora (27/09/2021) menjelaskan.

“ Waktu sudah ditetapkan. Acara ada dua bentuk. Pertama Salve agung atau doa untuk menyongsong acara utama instalasi atau pengukuhan Uskup Agung. Slave agung dilaksanakan hari sabtu 9 Oktober pukul 18 s.d selesai. Besoknya hari minggu tanggal 10 acara utama yaitu Instalasi Uskup Agung jam 17 s.d selesai. Tempatnya di Gereja St. Yoseph Jl. Jend. Sudirman Palembang,” ujarnya.

Acara akan diikuti oleh tokoh-tokoh umat Katholik Keuskupan Agung Palembang, dari luar Keuskupan Agung Palembang, utamanya Bapak Uskup yang ada di Indonesia termasuk Dirjen Bimas Katholik. Bapak Cardinal juga datang beserta 12 Uskup di Indonesia.

“ Undangan ada 200, memenuhi standar prokes. Sekitar 30 % dari kapasitas normal. Pada puncak acara akan dibacakan surat penunjukkan dari Tahta Suci. Dengan pembacaan Tahta Suci dari Paus Fransiskus, maka secara kanonika Mgr. Yohanes Harun Yuwono  resmi menjabat Uskup Agung Palembang dan pemimpin keuskupan kita,” tukasnya.

Apa yang selama ini menjadi program Keuskupan Agung Palembang menjadi PR bersama. Yang besar adalah menyelenggarakan Sinode Keuskupan yang belum terselenggara karena pandemic. Kegiatan ini penting dalam rangka merumuskan visi dan misi keuskupan  juga langkah-langkah pastoral dan pilihan prioritas pastoral yang disesuaikan dengan pandemic. Juga hal-hal lain yang berkaitan dengan kegembalaan Keuskupan Agung Palembang untuk dilanjutkan.

Penulis : jati

Sumber foto : koleksi pribadi



Leave a Reply