Statistik Bukan Milik BPS Saja

Palembang Sonora – Setiap tanggal 26 September diperingati sebagai hari Statistik. Ir. Zulkipli, M.Si, Kepala Badan Pusat Statistik Prov. Sumsel kepada Sonora (27/09/2021) menjelaskan apa makna statistik sesungguhnya.

” Tema tahun ini adalah Statistik Berkualitas untuk Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. Harapannya seluruh data statistik semakin lama semakin berkualitas sehingga semakin lama perencanaan pembangunan lebih terarah dan lebih terukur,” ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka hari statistik antara lain adalah menyelenggarkan webinar-webinar terkait data statistik, perkembangan teknologi saat ini, big data serta kegitan internal yang dilakukan BPS di seluruh Indonesia.

” Kita ingin memperkenalkan statistik kepada seluruh masyarakat, bahwa statistik bukan milik BPS saja. Hari Statistik jangan dimaknai sebagai orang BPS. kita sering melakukan statistik secara tidak sadar, ibu-ibu kepasar berbelanja sudah melakukan aktifitas statistik,” tukasnya.

Tantangan besar yang dihadapi BPS adalah keharusan menyediakan data yang berkualitas dan tepat waktu. tantangannya adalah partisipasi seluruh masyarakat, dunia usaha dalam menerima petugas BPS. mereka tidak perlu khawatir karena data mereka akan dilihat orang lain. Data di BPS di jamin kerahasiaannya. data yang disampaikan harus betul-betul real yang terjadi di perusahaan atau dunia usaha masyarakat itu sendiri. tantangan lainnya adalah perkembangan teknologi yang semakin pesat, mau tidak mau BPS harus meningkatkan SDM dan infrastruktur.

” Sudah mengarah kesana, sudah diterapkan konsep big data untuk melihat perkembangan perekonomian. terima kasih untuk seluruh masyarakat yang sudah menerima petugas BPS. untuk menjamin data yang berkualitas berilah data yang benar, tidak perlu khawatir karena data dijamin kerahasiaannya, disampaikan dalam bentuk agregat. mudah-mudahan sumsel leibh maju dan Indonesia tangguh,” ujarnya.

penulis : jati

Sumber foto : koleksi pribadi

 



Leave a Reply