Jangan Lupa Baca Sholawat ini di Bulan Maulid Nabi

PALEMBANG SONORA – Dalam kalender Hijriyah, setiap 12 Rabiul Awal setiap tahunnya diperingati sebagai Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada tahun ini, Maulid Nabi 2021 jatuh pada Selasa (19/10). Karena itu, pada penanggalan masehi tertera libur tanggal merah jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021.

Namun, libur tanggal merah Maulid Nabi pada tahun ini mengalami pergeseran dari yang awalnya tanggal 19 Oktober 2021 menjadi 20 Oktober 2021.

Dilansir dari Kompas.com, perubahan hari libur tersebut tertuang dalam Surat Keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi, Birokrasi Nomor 712, 1, dan 3 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menpan dan RB Nomor 642, 4, dan 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama.

Meski begitu, hal ini sama sekali tidak mengurangi makna bulan Maulid yang tentunya banyak sekali kebaikan dan keberkahannya.

Pada bulan Maulid, Umat Muslim disunnahkan memperbanyak doa dan amalan-amalan. Salah satunya adalah Sholawat Asyghil.

Dilansir dari tribunsolo.com, Selawat Asyghil merupakan salah satu selawat yang paling populer dalam tradisi masyarakat di Indonesia.

Saat berada dalam bulan Maulid Nabi, Umat Muslim lebih sering lagi mendengarnya berkumandang di masjid, mushola maupun majelis taklim.

Tradisi sunni yang kebanyakan dianut oleh umat Islam di Indonesia biasanya juga menggunakan selawat Asyghil dalam Istighatsah.

Sebagai upaya berjamaah untuk bersama-sama melantukan cinta kepada Rasul, seraya berharap kelak mendapatkan syafaat dari beliau.

Selawat ini selain bentuk kecintaan kita kepada baginda Nabi Muhammad SAW, juga kerap dibuat sebagai doa agar terhindar dari kezaliman maupun kejahatan yang mungkin akan menimpa kita, kezaliman dari orang-orang yang mungkin tidak kita duga.

Berikut bacaan Selawat Asyghil, teks Arab dan artinya

ALLAHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA’ASHYGHILIDZ DZOLIMIN BIDZHOLIMIN WA AKHRIJNA MIN BAINIM SAALIMIN WA’ALA ALAHI WASHOHBIBI AJMAIN

Artinya: Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.”

Semoga lewat selawat Asyghil ini kita mendapatkan keberkahan bulan Maulid Nabi, bulan Nabi Muhammad yang di dalamnya penuh dengan kebaikan. Amin. Wallahu a’lam.

 

Penulis : Fernando Oktareza

Sumber Foto : Koleksi Pribadi



Leave a Reply