Kilang Pertamina Plaju Lolos 3 Besar di Ajang World Petroleum Council Excellence Award 2021

PALEMBANG, SONORA – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Plaju lolos 3 besar sebagai Finalis Social Responsibility dalam ajang World Petroleum Council Exellence Award (WPCEA) 2021 dan berhak mengikuti acara pengumuman pemenang pada 6 Desember 2021 di Houston, Texas, Amerika Serikat. PT KPI Unit Plaju dinyatakan lolos sebagai 3 besar finalis pada kategori WPCEA for Social Responsibility untuk skala perusahaan Small to medium sized companies dengan judul proyek yang diajukan yakni “Lighting Hopes: Electrify Rural Communities From Micro-Hydro Power Plant” (Menyalakan Harapan: Melistriki Masyarakat Pedesaan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro).
Proyek tersebut menceritakan program CSR “Desa Mandiri Energi” yang telah diinisiasi PT KPI Unit Plaju sejak tahun 2017. Berangkat dari permasalahan suatu daerah di Merbau, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan yang sejak 72 tahun lamanya tidak pernah merasakan adanya listrik karena jauh dari pembangkit listrik. Namun, di lokasi tersebut terdapat potensi adanya air terjun yang terus mengalir dengan debit air yang konstan. Sehingga dengan potensi itu PT KPI Unit Plaju menginisiasi pembuatan energi terbarukan dari generator micro hydro dengan kapasitas 10 kWh yang memanfaatkan aliran deras air terjun untuk memberikan akses listrik demi menerangi 37 Kepala Keluarga yang seluruhnya mencapai 75 jiwa di Desa Merbau. Selain itu, prorgram ini telah memberikan multiplier effect pada aspek kehidupan ekonomi, lingkungan dan sosial pada masyarakat secara signifikan dan berkelanjutan.

WPCEA adalah penghargaan untuk proyek & inovasi di bidang minyak dan gas yang diadakan World Petroleum Council, sebuah Non-Governmental Organization (NGO) di United Kingdom (UK) yang dibangun pada tahun 1993, yang berfokus pada kampanye manajemen sumber daya minyak bumi dunia yang berkelanjutan untuk kepentingan kemaslahatan dunia, serta didedikasikan untuk penerapan kemajuan ilmiah dalam industri minyak dan gas. WPCEA dihelat setiap tiga tahun sekali di salah satu negara anggotanya, dan perhelatan pada 2021 ini merupakan yang ketujuh kalinya. Terdapat dua kategori proyek/inovasi yang dilombakan, yaitu : Social Responsibity dan Technological Development. PT KPI Unit Plaju mengikuti kedua kategori proyek yang dilombakan dan untuk kategori Social Responsibility, PT KPI Unit Plaju mengangkat program Corporate Social Responsibility (CSR) Desa Mandiri Energi serta kategori Technological Development mengangkat inovasi Breezon MC-32 yang disubmit pada 19 Juni 2021.

 Penulis : Endah

Sumber Foto : Pertamina



Leave a Reply