Ingin Lebih Hemat Lagi …. Manfaatkan “ECO” Indikator

  • ECO” Indikator adalah petunjuk bagi pengendara sepeda motor Yamaha, yaitu berupa lampu indikator yang dapat menyala bila pengendara mengendarai sepeda motornya dengan cara irit bahan bakar,letaknya di layar spedometer.

Lampu indikator “ECO” akan menyala pada kecepatan mengendara antara 20 sd 60 km per jam.

Untuk membuktikan seberapa besar pengaruh cara berkendara dengan memperhatikan “ECO” serta dengan tidak memperhatikan “ECO’ terhadap konsumsi bahan bakar , maka dilakukan uji test berkendara dengan menggunakan alat “FCT” (Fuel Consumption Tester) .

 

Ada 2 pengujian yang dilakukan :

  1. Pengujian dengan cara mengendarai sepeda motor dengan cara “stop and go”, cara ini lebih sering dilakukan saat pengendara melewati jalan yang rusak atau sedang dalam kondisi macet atau dalam area traffic light. ‘Sepeda motor melaju dengan cara maju dan berhenti dengan frequensi yg sering serta kecepatan yang tidak beraturan. Dari hasil pengujian diperoleh hasil bahwa mengendarai sepeda motor dengan cara stop and go konsumsi bahan bakar dengan cara ini diperoleh hasil 1 liter bensin mampu menempuh jarak tempuh 53 km.
  2. Cara kedua pengujian dilakukan cara sepeda motor dikendarai dengan memperhatikan lampu “ECO” indikator terus menyala.lampu “ECO” indikator menyala bila sepeda motor melaju dengan kecepatan 20 sd 60 km per jam. Dari hasil pengujian dengan “FCT” diperoleh hasil dengan berkendara seperti ini maka konsumsi bahan bakar 1 liter bensin mampu menempuh jarak 70 km.

Dari 2 pengujian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa apabila pengendara sepeda motor mengendarai speda motor dengan memperhatikan “ECO” indikator maka akan diperoleh hasil yang lebih irit bahan bakar. Namun pengendara tetap harus waspada jangan sampai terlalu fokus ke lampu “ECO” indikator dan melupakan konsentrasi pengendara karena dapat membahayakan.

Lampu “ECO” indikator sudah disematkan pada sepeda motor Yamaha Mio series.

Untuk lebih safety dalam berkendara maka ada beberapa hal yang perlu di perhatikan :

  1. Gunakan selalu helm SNI
  2. Gunakan jaket lengan panjang untuk mengurangi dampak bila terjadi kecelakaan
  3. Gunakan sepatu setinggi mata kaki
  4. Gunakan sarung tangan
  5. Bila motor di standar 2 ,gunakan dua tangan denga cara diangkat kemudian baru didorong kedepan
  6. Bila motor distandar 1, putar setang motor ke kanan terlebih dahulu baru kemudian naik sepeda motor.

Uji test irit teknologi Blue Core di lakukan dalam rangka halal bihalal Wartawan dengan Management PT Thamrin Brother Main Dealer Sedang Motor Yamaha , Palembang Indah Mall, 07072018./jati s.



Leave a Reply