Orangtua Merapat !!! Jauhi 6 Makanan ini Jika Tak Mau Gigi si Kecil Rusak

PALEMBANG SONORA –  Bagi sekian banyak orangtua, menjaga kesehatan gigi pada sang anak merupakan hal wajib yang mesti dilakukan.

Hal tersebut dikarenakan orangtua tidak ingin gigi sang anak mengalami kerusakan.

Selain gosok gigi secara teratur menggunakan pasta gigi berfluoride, anak-anak juga perlu menghindari beberapa makanan yang tidak baik di konsumsi guna merawat kesehatan gigi.

Dilansir dari Kompas.com, inilah beberapa makanan yang dapat merusak gigi pada anak :

1. Buah sitrus

Buah sitrus seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, atau jeruk bali memang sarat vitamin C dan antioksidan.

Namun, tidak terlalu baik untuk anak-anak yang sedang tumbuh gigi. Hal ini karena buah sitrus memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga dapat menyebabkan pengikisan email gigi.

Terlalu sering konsumsi buah sitrus juga membuat gigi si kecil lebih sensitif dan erosi enamel.

2. Keripik

kentang Apakah ada anak yang tidak suka makan keripik kentang? Ya, keripik kentang bisa dianggap sebagai camilan favorit berbagai kalangan usia.

Namun, keripik kentang termasuk makanan terburuk untuk gigi anak-anak karena mengandung pati yang dapat tersangkut di antara gigi.

Pati yang tersangkut dapat menjadi tempat yang sempurna bagi perkembangbiakan bakteri dan menyebabkan penumpukan plak pada gigi.

3. Popcorn

Popcorn kerap menjadi camilan andalan anak-anak saat menonton tayangan di televisi atau bioskop. Akan tetapi, popcorn termasuk makanan terburuk untuk gigi anak-anak sama halnya dengan keripik kentang

Popcorn kemasan mengandung mentega, karamel, dan garam yang menyebabkan gigi berlubang.

4. Permen

Sebagian besar anak-anak menyukai permen karena memiliki beragam varian rasa, bentuk, dan warna. Padahal, seperti yang kita ketahui, permen menimbulkan risiko kerusakan gigi pada anak-anak.

Hal itu karena gula dan pati yang terkandung pada permen dapat tertinggal di gigi yang kemudian bercampur dengan bakteri.

Kondisi tersebut lama-kelamaan menimbulkan kerusakan pada enamel gigi dan mengakibatkan gigi berlubang.

5. Minuman bersoda

Seiring dengan merebaknya restoran cepat saji, beberapa anak mungkin sudah pernah mencoba minuman dingin yang mengandung soda. Sebagian anak bahkan kecanduan minuman bersoda atau berkarbonasi.

Padahal, minuman bersoda sangat buruk bagi kesehatan gigi si kecil. Asam karbonat yang terkandung dalam minuman ini menyebabkan terkikisnya lapisan keras gigi atau disebut erosi enamel gigi.

Erosi akan mengurangi lapisan enamel sebagai pelindung terluar gigi dan mengekspos lapisan dentin. Kondisi ini jika dibiarkan dapat mengakibatkan gigi membusuk.

Para orangtua dapat mencegah masalah gigi pada anak akibat minuman bersoda dengan langkah berikut:

Tidak menyediakan minuman bersoda di lemari es.
Edukasi kepada anak-anak terkait efek buruk minuman bersoda pada gigi.
Minta si kecil minum air putih setelah konsumsi minuman berkarbonasi.
Minta anak kumur atau membilas mulut segera setelah minum minuman bersoda dan dilanjutkan dengan sikat gigi 1-2 jam kemudian.

6. Jus buah dalam kemasan

Jus buah memang baik untuk menambah nutrisi si kecil. Namun, ayah dan ibu sebaiknya menyajikan jus buah segar bukan dalam kemasan.

Jus buah dalam kemasan cenderung memiliki kandungan gula dan pengawet yang tinggi. Ini jelas fakta yang buruk untuk kesehatan si kecil.

Gula pada jus buah kemasan dapat menempel dan membuat gigi anak-anak terkikis seiring waktu.

Pencegahan kerusakan gigi dapat dilakukan dengan berkumur serta menyikat gigi sesudah konsumsi jus dalam kemasan.

Namun, solusi permanen untuk masalah ini adalah hindari memberi jus buah dalam kemasan kepada anak-anak. Usahakan hanya memberi jus buah segar buatan sendiri.

 

 

Penulis : Fernando Oktareza

Sumber Foto : Kompas



Leave a Reply