Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta JKN – KIS Selama Mudik Lebaran 2017

Diah Sofiawati, S.Si, Apt, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang Dalam Konferensi Pers, Kamis 15 Juni 2017

BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang  mengadakan konferensi pers terkait penanganan mudik lebaran 2017 yang diadakan hari Kamis 15 Juni 2017 di ruang rapat BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang, yang dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang, Diah Sofiawati, S.Si, Apt, Hj.Novia Rosyita, SH, Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan, Perwakilan Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Selatan dan jajaran BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang .

Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta untuk mmeperoleh pelayanan kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2017, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan terkait prosedur pelayanan peserta JKN  KIS dengan prosedur yang lebih sederhana. Bagi  peserta JKN – KIS yang sedang mudik dihimbau untuk selalu membawa Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS dan Kartu Jamkesmas.

                         

Care Center BPJS Kesehatan 1500 400                           Posko Mudik BPJS Kesehatan

Dalam kesempatan ini Diah Sofiawati, S.Si, Apt Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang mengatakan “ Peserta JKN – KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya peserta JKN – KIS dengan status kepesertaan aktif dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan mulai tgl. 19 Juni sampai 2 Juli 2017.  Untuk mengecek iuran peserta dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500 400.”

BPJS Kesehatan juga menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi ini menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting serta media sosial BPJS Kesehatan.

                      

Penjelasan dari jajaran BPJS Kesehatan

Selama libur lebaran 2017  masyarakat bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Centre 1500400 yang hadir 7 X 24 jam dan untuk layanan konsultasi kesehatan pada hari Senin sampai Jumat pukul 07.00 sampai 20.00 Wib. Melalui Care Centre 1500 400 masyarakat dapat memperoleh informasi, melakukan pengaduan, konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN – KIS (mutasi dan aktivasi) serta perhitungan denda pelayanan.

Selain mempermudah prosedur pelayanan kesehatan bagi para pemudik BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik BPJS Kesehatan di 8 titik, yaitu : Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali dan Pelabuhan Merak Banten. Posko Mudik BPJS Kesehatan mulai digelar tgl. 21 sampai 24 Juni 2017 yang menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi dan sosialisasi program jaminan kesehatan bagi para pemudik.

                              

Penjelasan tentang Aplikasi BPJS Kesehatan

Sementara itu Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Selatan juga membuka 81 Posko Pelayanan Kesehatan di Sumatera Selatan dan 4 posko ada di Palembang, yaitu : Bundaran Air Mancur, Palembang Icon, Terminal Alang-Alang Lebar dan Terminal  Karya Jaya. Juga mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi tgl. 21 Juni 2017 di Terminal Alang-Alang lebar dan tgl. 22 Juni 2017 di Terminal Karya Jaya, berupa : pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kadar alkohol/amphetamin.

Foto Bersama Jajaran BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang & Jurnalis

 

 



Leave a Reply