Harapkan Terjadinya Percepatan Program LAPOR SP4N, Pemprov Sumsel Gelar Rakor

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR SP4N) merupakan suatu penanganan pengaduan yang efektif dan memberikan penyelesaian bagi masyarakat, yang akan berkontribusi langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik.

Menindaklanjuti Surat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan tanggal 11 Mei 2018 No: 061/1051/Diskominfo/2018 tentang Percepatan Keterhubungan LAPOR SP4N, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Koordinasi LAPOR SP4N se-Sumatera Selatan, Kamis (14/2), di Ruang Rapat Setda Provinsi Sumatera Selatan.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumatera Selatan Prof. Edwar Juliartha, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan Jon Kennedy, serta Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Selatan M Adrian Agustiansyah.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan Jon Kennedy, rapat koordinasi yang digelar bertujuan untuk melakukan refleksi bersama terhadap penyelenggaraan SP4N di Sumatera Selatan, mensinergikan dan berkolaborasi antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk kanalisasi dengan harapan seluruh masyarakat ikut terlibat dalam pengawasan pembangunan dan pelayanan publik, serta dapat merumuskan rencana kerja pelaksanaan LAPOR SP4N Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan bermitra dengan media, kampus, dan cso.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumatera Selatan Prof. Edwar Juliartha, mengatakan bahwa sejalan dengan visi Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih tahun 2018 – 2023 yaitu Sumsel Maju untuk Semua, kemajuan itu diukur dari berbagai macam indikator yang terbagi dalam 10 isu strategis.

Menurut Edwar, yang menjadi sorotan utama adalah bagaimana informasi dan program Pemerintah Provinsi bisa sampai ke semua Kabupaten/Kota baik dari sisi kualitas dan kuantitas. Oleh karena itu, peran dari Dinas Komunikasi dan Informasi, menjadi double track.

“Kenapa dikatakan begitu? Kalau hanya sekadar untuk menyampaikan apa yang kemudian akan dilaksanakan oleh pemerintah, dan apa yang dilakukan oleh pemerintah, ya itu memang tugas utama dari Kominfo. Tetapi, lebih dari pada itu, yang dimaksudkan dengan double garda itu, Kominfo juga mampu untuk bisa melihat, bukan hanya sekadar pada sisi sosialisasi saja. Bagaimana kemudian bisa menjadikan ini sebagai suatu sarana untuk berkomunikasi saja dengan masyarakat. Bukan hanya untuk kemudian mendidik masyarakat untuk memahami program-program pemerintah, tetapi juga ikut dalam rangka menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kita saling bekerjasama dalam konteks good governance. Itu yang paling penting,” ungkapnya di hadapan para peserta rapat koordinasi, Kamis (14/2), di Ruang Rapat Setda Provinsi Sumatera Selatan.

Dikatakan Edwar, salah satu metode pendekatan untuk menjalankan good governance adalah dengan LAPOR SP4N.

“Ketika ini dijalankan, nah salah satu metode pendekatannya dengan menggunakan LAPOR SP4N,” jelasnya.

Lebih lanjut, Edwar mengungkapkan alasan kenapa menghadirkan Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Selatan pada kegiatan rapat koordinasi tersebut. Hal itu dikarenakan, Ombudsman menilai apa yang dikerjakan oleh Pemerintah. Di sisi yang lain, lanjut Edwar, pihaknya ingin bahwa indikasi yang disampaikan menjadi satu bentuk paripurna.

“Karena totally, pemerintah ini kan, dua saja tugasnya. Service delivery dan empowering. Ketika service delivery dan empowering tidak dilaksanakan, maka negara ini menjadi negara yang amnesia,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari, dari pagi hingga sore. Peserta berjumlah lebih dari 50 orang, yang hadir terdiri dari para penanggung jawab, admin LAPOR SP4N Kabupaten/Kota, inspektorat, biro humas, biro organisasi, media cetak, radio, kampus, dan cso.



Leave a Reply