Kanwil DJP Sumsel Babel Selenggarakan Pekan Panutan & Pemberian Penghargaan

Hari ini, Selasa (12/3), Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Wagub Sumsel H. Mawardi Yahya beserta jajaran Forkompinda Sumatera Selatan menghadiri Pekan Panutan dan Pemberian Penghargaan di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung (Kanwil DJP Sumsel & Kep. Babel).

Kepala Kanwil DJP Sumsel Babel Imam Arifin, dalam sambutannya mengatakan, ekonomi di sebuah negara yang diambil oleh pemerintah untuk membiayai servis bersama, digambarkan dalam tax ratio.

“Biar bayar ASN, membeli alutsista, melatih prajurit, membayar Bapak-bapak Polri untuk mengamankan,” jelasnya di hadapan seluruh peserta kegiatan Pekan Panutan dan Pemberian Penghargaan di Kanwil DJP Sumsel & Kep. Babel, Selasa (12/3).

Imam menyatakan angka tax ratio di Indonesia masih sekitar 12%.

“Bahkan tahun ini antara 11,8 – 11,9%,” ujarnya.

“Angka ini menggambarkan, kalau saya punya penghasilan 100 juta setahun, di Indonesia, dari 100 juta, saya diambil 19 juta, dikasih ke negara, oleh negara dipake untuk meramu negara,” jelasnya.

Imam juga membandingkan nilai tax ratio di beberapa negara lain, misalnya Malaysia 15,5%, Filipina 17%, bahkan Singapura 14,4% karena penduduknya sedikit.

“Di negara maju di Eropa sana, angka ini menunjukkan 34%. Artinya, orang Skandinavia, Swedia, Spanyol, kalau mereka penghasilannya setahun 100 juta, 34 juta diambil negara untuk membiayai negara,” ujarnya.

Dikatakan Imam, menaikkan tax ratio merupakan tantangan Indonesia ke depan, dan ini menjadi salah satu program di Kementerian Keuangan.

“Kita pingin menaikkan tax ratio minimal bisa 14,5%,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Imam mengharapkan dukungan seluruh pihak termasuk pemerintah daerah, dalam hal keberhasilan pungutan pajak.

“Keberhasilan pungutan pajak tidak hanya menjadi urusannya Kementerian Keuangan. Ini urusan kita bersama,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Imam menjelaskan soal pengisian dan penyampaian SPT.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menyempatkan hadir sebelum kegiatan tersebut berakhir.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan juga pemberian penghargaan bagi instansi yang memiliki ketaatan dalam pajak. Pemberian penghargaan disampaikan langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru.



Leave a Reply