Pengen Meja Kaca di Rumah Berkilau Seperti Baru Beli ? Begini Cara Mudah Membersihkannya

PALEMBANG SONORA – Mungkin sudah menjadi impian setiap orang khususnya kalangan ibu-ibu ketika perabotan di dalam rumahnya tertata rapi dan bersih.

Salah satu perabotan rumah yang cukup sentral dan wajib dimiliki adalah meja kaca.

Maja tak heran, memiliki meja kaca yang berkilau merupakan dambaan setiap pemilik rumah terutama para ibu-ibu.

Namun menjaga meja kaca supaya tetap berkilau agar tahan lama itu tidak mudah.

Perlu dibersihkan secara teratur guna mencegah kotor dan keruh.

Tapi jangan khawatir, ternyata ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan supaya meja kaca tetap bersih dan berkilau. Dilansir dari kompas.com, berikut informasi selengkapnya :

1. Membersihkan kaca yang keruh

Area keruh pada meja kaca disebabkan penumpukan air sadah. Bersihkan dengan air yang telah disaring jika Anda tinggal di daerah dengan air sadah untuk menghindari penumpukan endapan kalsium dan magnesium

Hal ini juga dapat disebabkan kerusakan akibat kelembapan. Terlalu banyak kelembapan, seperti tumpahan atau kondensasi, dapat menyebabkan kaca keruh dari waktu ke waktu.

Mak itu, pastikan segera membersihkan tumpahan pada meja kaca. Pembersihan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kaca keruh.

Josh Boesch dari Gatsby Glass menyarankan menghindari pembersih abrasif atau amonia untuk mencegah goresan atau kerusakan pada permukaan kaca.

Sama dengan membersihkan pintu kaca shower, cuka putih akan membantu menghilangkan noda air dari meja kaca.

2. Membersihkan bagian tepi meja

Becky Decker dari Gardeninghood mengatakan tepi meja kaca bisa jadi sulit dibersihkan. Ia menyarankan membersihkan bagian tepi menggunakan kapas.

“Usapkan kapas dengan lembut di sepanjang tepi meja untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel pada meja kaca,” katanya.

3. Menghilangkan debu

Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada meja kaca dengan kain kering, kemoceng, atau sikat berbulu halus.

Jika memiliki meja kaca hitam yang selalu tertutup lapisan tipis debu, cobalah menggunakan kain lembap sebagai pilihan pertama.

Kain ini dapat menangkap dan menjebak debu serta menghentikannya agar tidak berpindah-pindah pada permukaan.

4. Pembersihan secara umum

Pilihan terbaik membersihkan meja kaca adalah menyeka dengan kain mikrofiber yang lembap. Kain mikrofiber ini dapat dibersihkan kembali sehingga bisa menggunakannya selama bertahun-tahun.

“Kain mikrofiber sangat bagus menghilangkan kotoran tanpa meninggalkan goresan,” kata Ponniah.

Ia menambahkan, kain mikrofiber akan bekerja lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan pembersih kaca.

Ia menyarankan membuat pembersih kaca bebas bahan kimia sendiri di rumah memakai mencampurkan air dan cuka putih dengan perbandingan sama atau membeli larutan pembersih kaca komersial.

“Kombinasi ini adalah metode bagus membuat meja kaca terlihat bebas goresan dan memberikan hasil akhir mengilap,” katanya.

5. Kesalahan yang harus dihindari

Dominic Ponniah dari Cleanology mengatakan hindari memberi tekanan terlalu kuat saat membersihkan kaca karena dapat menyebabkan keretakan.

Selain itu, jangan gunakan pembersih yang bersifat abrasif, seperti membersihkan dengan sisi kasar spons cuci piring karena dapat meninggalkan goresan pada kaca.

 

Penulis : Fernando Oktareza

Sumber Foto : Kompas



Leave a Reply