PGE Area Lumut Balai Perkenalkan Apa dan Kegunaan Panas Bumi ke Awak Media

Palembang Sonora – Sabtu (09/12/2023) PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Tbk. Area Lumut Balai menggelar media Gathering. Kegiatan ini berlangsung di Santika Radial Hotel Palembang.

General Manager PGE, Catur Hendro kepada kru Sonora menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kepada media dan masyarakat bahwa Sumatera Selatan memiliki panas bumi sehingga panas bumi lebih dikenal di sumsel.

“ Hari ini kami engagement dengan teman media terkait inovasi dan keinginan sumsel bahwa kita punya panas bumi. diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat mengetahui lebih dalam bahwa didaerahnya ada panas bumi sehingga bisa memotivasi dan panas bumi lebih dikenal di sumsel,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa panas bumi adalah energy bersih dan terbarukan dan rendah emisi. Saat ini PGE melakukan inovasi – inovasi salah satunya saat ini sedang membangun unit kedua apabila sudah beroperasi akan melakukan pembangkitan yang zero emission.

´ ini jadi salah satu inovasi terbaru kami, diharapkan inovasi ini akan mentriger inovasi lainnya terkait pembangkit listrik ramah lingkungan dengan zero emission,” tandasnya.

Ia mengatakan bahwa untuk pemanfaatan panas bumi yang langsung dirasakan masyarakat  salah satu bentuknya adalah dengan supply listrik di rumah-rumah kita. Pemanfaatan panas bumi tidak langsung diantaranya pemandian air panas, geowisata, pengeringan kopi, pembuatan gula, nursery, serta penghangat ruangan.

“ Saat ini di sumatara PGE menjadi bagian penyuplai energy baru terbarukan dan zero emission sebesar 13%,  Kami Akan mensurvei unit tiga dan empat. Diharapkan semakin meningkatkan energy yang ramah lingkungan,” pungkasnya.

PGE Area Lumut Balai adalah subsidery dari sub holding Power & New Renewable Energy (PNRE) yang membawahi transisi energy di Indonesia. PGE Lumut Balai beroperasi secara nasional dan internasional untuk pengembangan panas bumi atau geothermal. Salah satu pengembangan panas bumi yaitu sumsel sudah berhasil melakukan survey, ekplorasi dan pembangkitan panas bumi dibuktikan unit satu beroperasi di 2019 dan sekarang sedang mendorong beroperasinya unit kedua, diharapkan 2025 bisa menyumbang energy bersih di sumsel.

 



Leave a Reply