Tilang Elektronik di Sumsel Baru Diterapkan 28 April Mendatang

PALEMBANG SONORA – Sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Provinsi Sumatera Selatan secara resmi akan dilaunching pada tanggal 28 April mendatang.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru usai Menyaksikan secara virtual launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang penegakan hukum bidang lalu lintas dan angkutan jalan secara elektronik, Gedung Mapolda Sumsel, Selasa (23/03).

“Hari ini kita sudah menyaksikan launching ETLE tahap pertama, berdasarkan kebijakan dari Mabes Polri pada tahap pertama kali ini launching baru dilakukan untuk 12 Provinsi di Indonesia, sedangkan Provinsi Sumsel mendapat jatah launching di tahap kedua pada 28 April mendatang,” ungkap Deru.

Meski mendapat giliran kedua dalam tahap launching ETLE, Deru mengakui pihaknya bersama Polda Sumsel saat ini sudah siap 100 persen untuk pemberlakuan sistem ETLE di Sumsel.

“Kita kebagian di tahap kedua bukan berarti kita belum siap, kita sangat siap sekali untuk penerapan sistem ini. Tapi hal positifnya kita masih punya waktu untuk berinovasi mempersiapkan sistem ini secara maksimal,” kata Deru.

Deru menargetkan, penerapan sistem ETLE ini dapat meningkatkan tertib berkendara dan tertib berlalu lintas oleh para pengendara di Sumsel.

“Selain tertib berkendara dan berlalu lintas, sistem ETLE ini kita harapkan dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat untuk tertib membayar pajak karena sistem yang ada sudah sangat maksimal,” katanya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol CF Hotman Sirait, sejumlah titik kamera ETLE sudah terpasang dan pihaknya saat ini masih terus melakukan uji coba perangkat dan juga koneksitasnya.

“Untuk di Sumsel, akan dilaksanakan lauching tahap kedua pada tanggal 28 April mendatang. Hari ini, Korlantas melauching ETLE tahap pertama di sejumlah provinsi di pulau Jawa,” kata Hotman.

Polda Sumsel masuk dalam launching tahap kedua, dikarenakan masih dalam tahap uji coba dan sosialisasi terkait sistem ETLE.

 

Penulis : Fernando Oktareza

Sumber Foto : Koleksi Pribadi



Leave a Reply