Workshop Peliputan Pemilu 2024, Pers Berkualitas Untuk Demokrasi Berkualitas

PALEMBANG SONORA – Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu membuka workshop peliputan pemilu dengan tema Pers Berkualitas Untuk Demokrasi Berkualitas di Balroom Aryaduta Hotel Palembang Rabu (20/09/2023). Acara ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua Komis Pemilihan Umum ( KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) Amra Muslimin dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) Sumatera Selatan (Sumsel) Kurniawan.

Ninik Rahayu mengingatkan pentingnya peliputan pemilu dimana pemilu merupakan sarana untuk memilih pemimpin.

“Ninik Mengingatkan pentingnya pemilu agar kita dapat mendapatkan pemimpin yang menjadi pilihan rakyat” tutur Nunik

Menurut Ninik pemilu memilik titik rawan yang patut diwaspadai seperti politik uang, hoaks, netralitas ASN, perlanggaran prosedur Pemilu, ketidak netralan penyelenggara, daftar pemilih yang amburadul, syarat pencalonan, kampanye tak sesuai aturan dan intimidasi.

Menurut Ninik Pers memiliki kewajiban untuk menjaga demokrasi agar prosesnya berjalan sebaik mungkin. Ia mengibaratkan pers juga berfungsi sebagai wasit selama pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung serentak pada 14 Februari 2024 nanti.

Ninik juga menyinggung tentang pemberitaan yang sangat minim tentang partisipasi wanita dalam pemilu, keterlibatan anak dan kaum disabilitas

“Dalam menghadapi pemilu 2024 semua pihak untuk ikut bekerja kolaboratif dalam pemilu agar pemilu kita damai, mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien” kata Ninik

Dalam kesempatan yang sama Ketua KPU Sumsel Amra Muslimin myampaikan KPU Sumsel menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 sebanyak 6.326.348 orang. Hal itu berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan DPT di tingkat Sumsel.

“KPU Sumsel sudah merekap 17 kabupaten/kota dan menyelesaikan rekapitulasinya dengan jumlah total untuk DPT Sumsel 6.326.348,” kata Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin

Sebagai penutup Ketua Bawaslu Sumsel Kurniawan memberikan penekanan terhadap pengawasan politik sara dan politik identitas terutama pada saat masa kampanye nanti.

 

Penulis : Dery Aulia

Sumber Foto : Koleksi Pribadi



Leave a Reply